FKD ( Forum Kesehatan Desa ) BOLOAGUNG

 

Boloagung-Kayen  FKD merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa. FKD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
“Fungsi  FKD adalah sebagai mengembangkan  sistem kesehatan desa yang meliputi  kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan pembiayan kesehatan, juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa.

FKD juga sebagai bentuk upaya untuk menjadi Desa Siaga. Desa Siaga adalah bentuk pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang merupakan upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa sekaligus memberdayakan masyarakat. Tujuan Desa Siaga adalah terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Desa Siaga adalah suatu kondisi masyarakat di tingkat desa/kelurahan yang memiliki kesiapan sumber daya potensial dan kemampuan untuk mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawat daruratan kesehatan secara mandiri. Desa Siaga Aktif adalah pengembangan dari Desa atau Kelurahan  :

  1. Penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan setiap hari melaui Poliklinik Kesehatan Desa ( PKD) atau sarana kesehatan yang ada diwilayah tersebut seperti Puskesmas, Puskesmas pembantu (Pustu) atau sarana kesehatan lainnya.
  2. Penduduknya mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) dan melaksanakan Survailans berbasis masyarakat meliputi Pemantauan Penyakit, Kesehatan Ibu dan Anak(KIA), Gizi, Lingkungan dan Perilaku, Kedaruratan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana, serta Penyehatan Lingkungan.

Pengembangan  desa siaga merupakan upaya strategis dalam rangka upaya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Bertujuan mengembangkan kepedulian dan kesiapan masyakat desa dalam mencegah dan mengatasi masalah kesahatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri untuk mewujudkan desa/kelurahan sehat, serta memberdayakan dan memfungsikan komponen desa siaga meliputi:

  1. Mengoptimalkan peran Pos Kesehatan Desa (PKD) atau potensi sejenis, dalam pemberdayaan masyarakat
  2. Membentuk Forum Kesehatan Desa (FKD) Forum Kesehatan Kelurahan(FKK) yang berperan aktif dalam menggerakkan pembangunan kesehatan di tingkat desa/kelurahan.
  3. Mengembangkan kegiatan gotong royong masyarakat untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan.
  4. Mengembangkan upaya kesehatan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan masyaarakat.
  5. Mengembangkan pengamatan dan pemantauan oleh masyarakat dalam deteksi dini, kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan terhadap maslah kesehatan, bencana dan kegawat-daruratan kesehatan.
  6. Mengembangkan kemandirian masyarakat dalam pembiayaan kesehatan.

Upaya yang perlu dilaksanakan untuk meningkatkan dan mengembangkan Desa/Kelurahan Siaga Aktif perlu adanya dukungan dari semua pihak baik pemerintah, dunia usaha, Lintas Program/Lintas Sektor terkait dan pengelola program Desa/Kelurahan Siaga, sehingga implementasi Desa/Kelurahan Siaga Aktif di masyarakat dapat terwujud, sehingga masyarakat berdaya dalam arti masyarakat yang sadar, mau, dan mampu untuk hidup sehat dan mampu mengatasi masalah kesehatannya secara mandiri.
Semoga kita baik individu, keluarga, dan masyarakat memiliki pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk peduli dan berperan aktif dalam mewujudkan desa siaga aktif sehingga derajat kesehatan masyarakat kita dapat meningkat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan