BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS MODERASI BERAGAMA OLEH KKN-IK IAIN KUDUS TAHUN 2021

 

OPTIMALISASI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI DENGAN BIMBINGAN BELAJAR, MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS 2021 JUGA MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA

Menindaklanjuti keluhan beberapa siswa terhadap pembelajaran daring (dalam jaringan) sejak pandemi COVID-19, Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 mengadakan kegiatan bimbingan belajar (Bimbel). Kegiatan ini diikuti oleh Siswa jenjang SD mulai dari kelas I-VI, Desa Boloagung, Senin (13/09)

Untuk mengurangi kerumunan belajar di masa pandemi, tim Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 membuat jadwal belajar bersama yang dilaksanakan 3x pertemuan dalam seminggu pada hari-hari tertentu yaitu Senin (Kelas I dan II), Rabu (Kelas III dan IV), dan Jum’at (Kelas V dan VI). Untuk lokasi bimbel berada di perumahan sebelah rumah Kepala Desa. Bapak Sutrisno, selaku Kepala Desa Boloagung menyetujui adanya kegiatan Bimbel dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya memberikan bimbingan belajar biasa, tim Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 juga menyisipkan pendidikan tentang Moderasi Beragama kepada peserta bimbingan belajar.

 

“Kami menyisipkan pendidikan moderasi beragama agar adik-adik di Desa Boloagung bisa memahami lebih luas lagi bagaimana cara berpegang teguh pada nilai moral dan esensi ajaran agama, serta memiliki sikap cinta tanah air, anti kekerasan, dan ramah terhadap keragaman.” ujar Nu’man Faisol selaku Ketua KKN-IK Desa Boloagung.

Kegiatan bimbingan belajar yang juga menjadi salah satu program kerja ini turut mendapat apresiasi dari beberapa warga. Masyarakat mengaku kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 Desa Boloagung cukup meringankan beban orang tua siswa yang masih belajar secara daring (dalam jaringan). Sedangkan dari tim Mahasiswa KKN-IK sendiri berharap dengan adanya bimbingan belajar dapat membangkitkan lagi semangat belajar di masa pandemi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan