SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA OLEH KKN-IK IAIN KUDUS 2021

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) IAIN KUDUS 2021 menggelar sebuah sosialisasi Moderasi Beragama kepada siswa SDN 02 Desa Boloagung, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati.

Sosialisasi yang dilakukan mengenai “Moderasi Beragama” merupakan salah satu program kerja dari KKN-IK. Sosialisasi bertujuan agar siswa SDN 02 Boloagung mendapatkan pemahaman beragama dari sisi lain namun tetap sesuai koridor dalam beragama.

“Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN atas sosialisasi yang sudah dilakukan di SDN 02, apalagi dengan tema yang berbeda dari sosialisasi-sosialisasi yang pernah ada sebelumnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa paham moderat atau tengah-tengah dalam beragama sangat penting dikenalkan kepada generasi-generasi muda untuk mencegah mereka terkontaminasi paham-paham ekstrimisme.” Ucap Bapak Romdhon selaku Kepala Sekolah SDN 02 Desa Boloagung.

Ketika sosialisasi moderasi beragama, mahasiswa KKN mengenalkan bahaya ekstrimisme dalam beragama yang dimana paham ini sudah memperluas targetnya pada generasi-generasi muda yang cenderung masih labil, mudah didoktrin dan dimasuki hal-hal yang baru.

“Kami bersyukur kehadiran kami diterima dengan baik. Moderasi beragama belakangan ini memang mendadak viral di berbagai kalangan, selain kehadirannya yang dibutuhkan di tengah-tengah maraknya paham ekstrimisme, paham moderasi beragama juga sesuai dengan perkembangan zaman.” Ucap Nayifatuz Zahro’ah salah satu Mahasiswa KKN.

Proses sosialisasi juga berlangsung dengan hangat, tim mahasiswa KKN menggunakan metode ceria dan mudah dalam pengenalan paham moderasi beragama sehingga dapat diterima dengan mudah juga oleh siswa-siswi SDN 02 Desa Boloagung.

“Salah satu moderasi beragama yang kami sampaikan yaitu: di kalangan anak-anak ketika waktu menjelang maghrib biasanya akrab dengan perintah untuk berdiam diri di rumah dengan alasan waktu maghrib menjadi momentum keluarnya para setan/jin. Padahal yang sebenarnya bukan seperti itu, anak-anak dianjurkan berdiam diri di rumah karena menjelang maghrib menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk berdo’a.” Ucap Nu’man Faisol selaku Ketua KKN-IK Desa Boloagung.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan